diposkan pada : 19-11-2020 12:00:29 5 Solusi Belajar di Rumah Guru Les Privat Pamulang

5 Solusi Belajar di Rumah Guru Les Privat Pamulang

Akibat dari pandemi COVID-19, banyak hal yang terjadi perubahan. Salah satunya factor perubahannya proses kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa yang kini harus mengalihkan pembelajaran dirumah menjadi daring online. Perubahan ini tentunya mengakibatkan tenaga pengajar harus mengubah  berbagai aspek startegi dari metode materi hingga mengajarnya. Metode mengajar Guru Les Privat Pamulang haruslah tetap menarik dan mampu mencapai tujuan pembelajaran agar mudah dimengerti oleh siswa, meski dilakukan tanpa tatap muka fisik diruang kelas sekolah. Bagaimana caranya? Guru Les Privat Pamulang memberikan Solusi

 

  •  Merangkum materi ajar dengan ringkas

Berbeda dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka yang durasinya cukup panjang dalam sehari, KBM daring  online memiliki durasi yang terbatas dan singkat. Hal ini dikarenakan dalam KBM daring online tenaga pendidik Guru Les Privat Pamulang sulit untuk menjelaskan secara langsung untuk bertatap muka dan berinteraktif langsung dengan siswa. Untuk itu, tenaga pendidik Guru Les Privat Pamulang perlu membuat ulasan materi  bahan ajar yang ringkas untuk memudahkan siswa dalam memahami materi untuk mencerna materi yang diberikan.

 

  • Aplikasikan metode pembelajaran interaktif

Sama halnya dengan KBM tatap muka secara langsung dalam ruang kelas sekolah, KBM daring online tetap dapat dilakukan dengan Guru Les Privat Pamulang menyenangkan dan sesuai dengan pembelajaran kurikulum nasional. Caranya, dengan memberikan materi secara interaktif melalui media zoom. Misalnya, menggunakan video sebagai materi bahan ajar pembelajaran, atau menggunakan situs website soal interaktif seperti Kahoot agar siswa dapat ikut berpartisipasi aktif memberikan jawaban soal yang telah diberikan. KBM daring online juga dapat dilakukan dengan menggunakan fitur video conference call seperti Zoom, Skype atau Google Hangout agar dapat berinteraksi dengan siswa secara langsung melalui online tampa harus tatap muka.

 

  • Berikan siswa soal yang ringan namun menyenangkan

Memberikan kewajiban siswa dalam bentuk latihan soal terkadang terasa menyebalkan dan membosankan bagi sebagian besar siswa. Pemberian kewajiban yang terlalu banyak pun nantinya mengakibatkan beban siswa sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif karena kurangnya minat dari siswa tersebut. Oleh karena itu, Guru Les Privat Pamulang  berikan siswa tugas-tugas yang dapat mudah dikerjakan dengan mudah, dapat dipahami untuk dikerjakan, dan menyenangkan. Misalnya, membuat praktek dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan sehari-hari di rumah. Tenaga pendidik juga dapat meminta bantuan orang tua untuk ikut serta dalam mengerjakan tugas siswa yang telah diberikan sehingga menjadi pengawasan terkontrol oleh orang tua. Contohnya, dengan meminta kepada siswa membuat video sederhana dengan orangtuanya mengenai sehatnya berolahraga dirumah

 

  • Menggunakan digital sebagai pembelajaran

Karena KBM dilakukan secara daring online, tentunya tenaga pendidik Guru Les Privat Pamulang  dapat menggunakan berbagai digital yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran LDR jarak jauh secara online. Misalnya, fitur Google Classroom dapat digunakan untuk mengshar sebuah materi pembelajaran yang telah dibuat oleh tenaga pendidik dan mengupload tugas siswa yang telah dikerjakan. Tenaga Pendidik Guru Les Privat Pamulang juga dapat memanfaatkan aplikasi belajar online seperti elearning sebagai alat pembelajaran untuk sumber materi tambahan untuk siswa.

 

  • Memastikan akses internet yang lancar

Tentunya semua tips yang telah dijabarkan di atas tidak akan bisa berjalan dengan mudah dan lancar tanpa adanya akses internet yang menunjang. Untuk itu, Tenaga pendidik Guru Les Privat Pamulang dan siswa harus memiliki akses internet yang mendukung sebagai fasilitas  kegiatan  belajar mengajar (KBM) daring online sehingga dapat berjalan dengan baik. Nah, dengan tips tersebut, merupakan perubahan format KBM dikarenakan pandemic corona, akan membuat siswa dapat tetap bukan? Dibantu oleh Guru Les Privat Pamulang.

 

 

Artikel lainnya »